Long Live the Crowdsurfer!

Search
Close this search box.

Joyland Festival Jakarta 2023: Music, Art, and Pure Joy

Joyland Festival Jakarta 2023 sukses digelar di GBK Baseball Stadium, Jakarta Pusat, selama 3 hari (24-26 November 2023).

Penggemar musik dari berbagai penjuru berkumpul di Joyland Festival untuk merayakan keindahan musik selama akhir pekan yang penuh semangat. 

Dengan menghadirkan deretan musisi internasional dan lokal yang mengesankan, Joyland Festival memperkuat posisinya sebagai acara musik utama. 

Para penggemar musik dapat menikmati penampilan dari musisi-musisi ternama internasional seperti Mew, Fleet Foxes, Interpol, Bloc Party, Alvvays, Otoboke Beaver, Fazerdaze, Last Dinosaurs, D4vd, EAJ, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Joyland Festival juga dengan bangga mempersembahkan musisi-musisi lokal ternama seperti David Bayu, Ali, Avhath, The Adams, Grrrl Gang, Mocca, White Shoes & The Couples Company, Maliq & d’Essentials, Reality Club, dan masih banyak lagi.

Joyland Festival 2023 berlangsung selama tiga hari dari tanggal 24 hingga 26 November, dan meskipun dua hari pertamanya diguyur hujan, antusiasme penonton tetap tinggi. 

Sebagai penggagas acara, inisiatif Plainsong Live memastikan bahwa acara itu tetap berlanjut dan menawarkan pilihan acara yang berbeda dari festival musik lainnya.

Keseruan di Joyland Festival Jakarta 2023

Hari itu, festival ini menghadirkan tiga panggung konser yang mengguncang, yaitu Joyland Stage, Plainsong Live Stage, dan Lily Pad, untuk menyaksikan penampilan menarik dari sejumlah musisi ternama internasional dan lokal.

Joyland Fest bukan hanya menghidangkan musik untuk orang dewasa, tetapi juga menyenangkan bagi anak-anak. Banyak keluarga yang menghadiri acara ini, terutama di area White Peacock yang didesain sebagai dunia anak-anak. 

Di sini, anak-anak dapat menikmati berbagai kegiatan, seperti merangkai bunga, membaca buku dan masih banyak lagi.

Beberapa komika juga memberikan penampilan di panggung Shrooms Garden yang diarahkan dan dipilih oleh Soleh Solihun seperti Gugun Beke, Boah Sartika, Gautama Shindu, dan Gilang Bhaskara. 

Sementara itu, Cinerillaz menayangkan film-film yang dipilih oleh Palari Films, seperti Golden Age, Evakuasi Mama Emola, Waโ€™anak Witu Watu, dan Basri & Salma in a Never Ending Comedy.

Penampilan

Mew dan Fleet Foxes: Pesona harmoni global

Mew, band asal Denmark dengan suara dream pop yang megah, dan Fleet Foxes, perwakilan musik folk yang indah dari Amerika, akan menyajikan harmoni global yang meresap dan mendalam. Kedua musisi ini dikenal sebagai pionir dalam genre masing-masing dan menjamin penampilan yang memukau.

Interpol dan Bloc Party: Kekuatan rock alternatif

Panggung Joyland Festival akan dihidupkan oleh kekuatan rock alternatif Interpol dan Bloc Party. Dua band yang telah mengukir sejarah musik dengan lagu-lagu hits mereka yang tak terlupakan, membuat malam yang penuh getaran dan kenangan bagi para penggemar setianya.

Alvvays, Otoboke Beaver dan Fazerdaze: Kombinasi energi yang menghipnotis

Energi yang tak terbendung akan memenuhi panggung dengan kehadiran Alvvays, Otoboke Beaver dan Fazerdaze. Dari melodi yang menggoda hingga nada-nada punk yang meledak-ledak, bersama-sama mereka akan menciptakan momen tak terlupakan di tengah-tengah hiruk pikuk festival.

Musisi Dalam Negeri: Kecemerlangan dari semua genre

Festival ini tidak hanya menampilkan bintang-bintang internasional, tetapi juga merayakan kecemerlangan musisi nasional. Mulai dari musik indie The Adams, ALI, keaslian Mocca, hingga nuansa soulful Maliq & d’Essentials, para musisi lokal ini akan memberikan kontribusi besar pada keragaman musik yang ditawarkan oleh Joyland Festival.

Stage

Dibandingkan dengan festival lainnya, berpindah dari satu panggung ke panggung lainnya di Joyland lebih mudah dan nyaman. 

Pengunjung dapat dengan mudah berpindah dari satu panggung ke panggung lainnya dengan tata letak yang baik.

Joyland Stage: Epicenter Kemeriahan 

Joyland Stage, sebagai panggung utama, memainkan peran sentral dalam menghadirkan kegembiraan bagi para penonton. Dengan kapasitasnya yang besar dan desain panggung yang megah, panggung ini menjadi pusat perhatian selama festival berlangsung. Dengan kehadiran musisi papan atas, Joyland Stage menawarkan pengalaman konser yang tak terlupakan dan memukau.

Plainsong Live Stage: Keintiman dalam variasi musik

Bersebelahan dengan Joyland Stage, menyajikan beragam musik dari berbagai genre ini menciptakan suasana intim yang dekat dengan penonton. Mulai dari indie hingga rock alternatif, panggung ini merupakan tempat yang ideal bagi mereka yang ingin menikmati pertunjukan dalam suasana yang lebih santai. Keragaman musik di Plainsong Live Stage menawarkan pengalaman yang menarik dan kaya kepada para penonton.

Lily Pad : Kreatifitas Berkembang di Panggung Intim

Lily Pad Stage,  menjadi arena bagi aksi menarik dari sejumlah musisi yang kreatif dan berbakat. Dengan membawa variasi musik dan energi yang unik, panggung ini menciptakan suasana yang akrab dan energik di setiap penampilannya. Para musisi di Lily Pad telah memukau para penonton dengan berbagai genre dan gaya musik yang menghadirkan keragaman dan kegembiraan dalam penampilan mereka.

Shrooms Garden : Panggung Komedi yang Menghibur

Area menarik lain yang tidak kalah menarik adalah Shrooms Garden, panggung stand-up comedy yang dikelola oleh Soleh Solihun. Terletak persis di depan panggung Lily Pad, Shrooms Garden selalu ramai dengan penonton yang ingin menikmati sajian komedi yang menghibur.

Foto: Devianne Putri Halliza (Koloni Gigs)

Festival musik ramah anak

Joyland Festival telah memantapkan dirinya sebagai tujuan utama bagi para penggemar musik dan keluarga yang mencari pengalaman piknik yang menyenangkan.

Dilabeli sebagai ‘festival musik ramah anak’, acara ini tidak hanya menjanjikan pertunjukan musik yang luar biasa, tetapi juga kenyamanan dan kebersamaan untuk semua.

1. Area bebas rokok di luar ruangan: Menjaga udara tetap bersih dan nyaman

Joyland Festival menyadari pentingnya udara yang bersih dan nyaman bagi semua pengunjung. Untuk itu, penonton tidak diperbolehkan merokok di luar area merokok. Kebijakan ini menciptakan lingkungan yang sehat dan bebas asap rokok di festival, memastikan pengalaman yang menyenangkan bagi semua orang.

2. Area anak-anak: Aktivitas kreatif tanpa batas

Label ‘Festival Musik Ramah Anak’ bukan hanya slogan. Joyland Festival menawarkan area khusus White Peacock  untuk anak-anak dengan berbagai aktivitas artistik yang menyenangkan. Selain berbagai kegiatan kerajinan tangan seperti membuat boneka, bermain plastisin, membuat mahkota bunga, melukis wajah, membaca tarot, dan mengepang rambut, White Peacock juga menghadirkan Kancil Art Bali yang akan mengadakan kelas seni perhiasan, membentuk tanah liat, dan mendaur ulang buku catatan; kelas menulis lagu oleh Earhouse Songwriting Club; sesi mendongeng dengan Aprilia Apsari, dan pertunjukan musik yang ceria dari Kak Nunuk dan Anggun Priambodo.

3. Refill air gratis : Menjaga agar tidak pengunjung tidak kehausan

Untuk menjaga kenyamanan pengunjung, Joyland Festival menyediakan tempat air minum gratis. Dengan air minum yang mudah didapat, pengunjung dapat terhindar dari rasa haus selama tiga hari berturut-turut. Ini adalah langkah bijak untuk memastikan bahwa semua orang tetap segar dan nyaman selama festival berlangsung.

Penulis : Devianne Putri Halliza

Editor : Faiz Adzkia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles