Long Live the Crowdsurfer!

Jugo Djarot, Vocalist Band Circarama, Telah Merilis Single Ketiga yang Berjudul “Aeroplane” dengan Padanan Lirik dan Musik yang Khas dari Jugo

Selama 5 tahun menjadi vokalis dan gitaris dari band rock ibu kota Circarama, Jugo menjajal industri musik tanpa rekan bandnya. Kali ini Jugo bermusik dengan format solo.
Muhammad Jugo Djarot lahir di Jakarta pada tanggal 8 Januari 1995. Hadir dalam keluarga yang didominasi oleh seniman, Jugo menerima banyak paparan musik yang beragam.

Beberapa nama seperti Boedi Djarot, Slamet Raharjo Djarot, dan Erros Djarot merupakan nama-nama yang berkontribusi dalam membuat aliran Emo dan EDM sulit masuk ke dalam hidupnya semasa ia sekolah.

Karya Jugo banyak terinspirasi dari musik era 60an hingga 80an, dengan musisi-musisi seperti The Beatles, David Bowie, Electric Light Orchestra, dan The Beach Boys. Inspirasi tersebut menjadi acuan utama ia ketika berkarya di Circarama Kali ini, ia mencoba untuk keluar dari kebiasaan dan memperluas referensi musiknya. 

“Aeroplane” yang merupakan judul single terbarunya, mengisahkan tentang seseorang yang menyadari bahwa hal hal menyenangkan tidak lagi ia rasakan saat ini. Lagu Aeroplane dibuat dalam konteks hubungan sepasang kekasih. Terpenggal  kalimat, “Mistery is in your mind, misery’s all i can find” yang menandakan bahwa ia tidak dapat menduga apa isi pikiran kekasihnya, dan ia hanya menemukan kesengsaraan.” Ujar, Jugo

Sama seperti pendahulunya “Dinner for Two”, lirik yang cenderung melankoli pada lagu Aeroplane dibalut dengan irama jangly yang cheerful sehingga memberikan esensi satir. Hal ini merupakan ciri khas Jugo dalam berkisah. Sama halnya dengan single “Busana” yang mengisahkan tentang seorang penguntit yang dibalut dengan irama bossa yang menggoda dan seductive.

Tanpa bermaksud mengaitkan, Aeroplane dirasa sangat relevan bila dikaitkan dengan kondisi pandemik COVID 19 saat ini. Banyak dari aktivitas menyenangkan di luar rumah yang tidak lagi dapat dirasakan karena anjuran stay at home sebagai antisipasi dampak COVID 19. 

Pada kesempatan ini, Jugo juga meluncurkan video musik untuk lagu Aeroplane yang dilakukan secara mandiri di rumah. Konsep video yang digarap secara minimalis ini bertujuan untuk mendukung anjuran stay at home dan mengingatkan kepada penonton bahwa aktivitas yang menyenangkan dapat dilakukan di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles