Long Live the Crowdsurfer!

Yacko dan Tuan Tigabelas Terbang ke Dua Festival Musik Internasional di Amerika Serikat dan Perancis

Kabar gembira datang untuk dunia musik Indonesia di tahun 2023. Dua rapper Indonesia, Yacko dan Tuan Tigabelas, akan tampil di dua festival musik internasional besar: South by Southwest (SXSW) di Amerika Serikat pada tanggal 16 Maret 2023 dan Babel Music XP di Perancis pada 23 Maret 2023. Kabar bahwa Yacko dan Tuan Tigabelas terpilih untuk tampil di SXSW telah diumumkan pada bulan November tahun lalu, setelah melalui seleksi ketat berdasarkan kualitas dan integritas musik mereka. Mereka akan bergabung dengan lebih dari 300 penampil lainnya di SXSW, yang berlangsung selama satu minggu.

IM3 Collabonation, Yacko, dan Tuan Tigabelas memiliki semangat yang sama, yaitu membawa semangat kolaborasi kemanapun mereka melangkah dalam berkarya. Tuan Tigabelas sebelumnya telah terlibat di beberapa kolaborasi bersama IM3 dan Collabonation, salah satunya pada kampanye “Era Baru Hidup Simpel” di akhir tahun 2022 lalu di mana IM3 mengajak masyarakat untuk merayakan era baru yang membawa kita dapat kembali melakukan dan mencoba banyak hal baru. Sinergi yang selaras dari berbagai elemen dan semangat kolaborasi ini yang akhirnya menyemangati Yacko dan Tuan Tigabelas untuk melakukan hal baru seperti tampil di dua festival musik Internasional mendatang.

Fahroni Arifin, SVP-Head of Brand Management & Strategy IM3 mengungkapkan bahwa “Melalui Collabonation to The World, kami percaya bahwa kolaborasi dapat memberikan nilai lebih bagi para pelaku industri kreatif tanah air dalam mengembangkan potensinya untuk berkarya hingga kancah internasional. Bersama Yacko dan Tuan Tigabelas, kami ingin menggaungkan karya musisi anak bangsa lebih jauh dan bersaing dengan musisi lainnya dari belahan dunia lain. Kolaborasi ini juga membawa semangat era baru untuk semakin memacu generasi muda lainnya menciptakan karya yang menginspirasi.”

Yacko dan Tuan Tigabelas telah membuktikan semangat kolaborasi di dalam diskografi mereka. Mulai dari pergerakan-pergerakan yang mereka lakukan serta ragam karya musik dimana keduanya pernah berkolaborasi dalam dua single, yakni “Anti Hero” (2016) dan “High” (2021), hingga akhirnya mengantarkan mereka ke dua festival musik Internasional mendatang.

SXSW merupakan festival tahunan yang digelar selama sepuluh hari pada bulan Maret di Austin, Texas, Amerika Serikat. Pada tahun ini, SXSW akan berlangsung dari tanggal 10-19 Maret dan festival musik SXSW yang bertajuk ‘SXSW Music Festival’ akan berlangsung pada tanggal 13-18 Maret.

“Bisa tampil di SXSW adalah salah satu mimpi saya sebagai musisi. Apalagi belum pernah ada rapper Indonesia sebelumnya yang pernah tampil di sini. Dukungan dari Collabonation menjadi milestone penting untuk kami bisa terus berkembang dan mendapatkan pengalaman berkolaborasi secara internasional sehingga bisa mendapatkan inspirasi dan ide-ide kreatif dalam berkarya, serta strategi di dalam berkarir di musik dan membuat program dari festival”, tutur Yacko.

Beberapa musisi Indonesia sebelumnya telah berhasil tampil di festival tersebut, seperti WSATCC, The SIGIT, Shaggydog, dan Efek Rumah Kaca. Yacko dan Tuan Tigabelas adalah dua rapper pertama dari Indonesia yang berhasil mendapatkan kesempatan untuk tampil di SXSW, menjadikan mereka sebagai bagian dari perwakilan musisi Indonesia yang semakin berkembang di kancah internasional.

Sementara itu, Babel Music XP akan digelar setelah SXSW pada tanggal 23 hingga 25 Maret di Marseille, Perancis. Yacko dan Tuan Tigabelas akan tampil bersama musisi dari negara lain seperti Ana Carla Maza (Spanyol), Davide Ambrogio (Italia), Lucas Santtana (Brazil), dan masih banyak lagi. Awalnya festival ini direncanakan sebelum pandemi tetapi harus ditunda hingga tahun 2023. Yacko dan Tuan Tigabelas telah dikonfirmasi tampil di festival ini pada Desember 2022.

“Rasanya masih seperti mimpi bagaimana musik bisa membawa saya pergi sejauh ini, punya kesempatan untuk bisa memperkenalkan musik saya dan Yacko di Babel Music. Kami adalah musisi Indonesia pertama yang bermain di festival ini, bangga luar biasa. Saya percaya bahwa musik adalah bahasa, jadi ini kesempatan saya untuk bisa berbicara lewat musik saya dan membawa nama Indonesia di Babel Music”, lanjut Tuan Tigabelas.

Ini adalah sejarah bagi perjalanan musik di Indonesia, karena Yacko dan Tuan Tigabelas menjadi musisi pertama dari Indonesia yang berkesempatan untuk tampil di Babel Music XP. Tidak hanya berdua, nantinya mereka akan ditemani oleh DJ Domdom di panggung nanti.

FLAVS pun turut memberikan dukungannya kepada Yacko dan Tuan Tigabelas. Festival hip-hop, soul, dan RnB ini punya misi yang sama dengan keduanya, yakni menjalin koneksi lebih luas dengan audiens lintas negara. Nantinya,  manfaat dari berjejaring tersebut bisa dibawa untuk rapper-rapper lain dari Indonesia dan diharapkan menjadi jembatan untuk koneksi yang lebih luas lagi.

Terselip sebuah harapan dari Yacko dan Tuan Tigabelas dari momen ini, bahwa semoga ada rapper-rapper lain dari Indonesia yang bisa mengikuti jejak mereka serta berkesempatan untuk menampilkan karya-karya terbaik di depan penonton yang lebih luas lagi.

Untuk mengetahui penampilan Yacko dan Tuan Tigabelas di Babel Music XP kunjungi website resmi ini. Sementara itu, untuk informasi mengenai kehadiran mereka di SXSW, dapat mengunjungi website resmi ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Articles